Contoh Pidato Bahasa Indonesia | Bahagia Dunia Akhirat


Assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh

Yang terhormat  Kepala SMPN 4 Semarang Drs. Ringsung Suratno, M.Pd.
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru, staf tata usaha dan karyawan,
Yang saya cintai dan sayangi teman-teman kelas 9 dan adik-adik kelas 7 dan 8.

Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam. Salawat dan doa keselamatan terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya. Amin. Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan pidato yang berjudul “Bahagia Dunia Akhirat”.
Setiap orang pasti menginginkan kehidupan bahagia di dunia maupun di akhirat. Orang yang bahagia di dunia belum tentu dapat merasakan kebahagiaan di akhirat jika kehidupan dunianya tak pernah digunakan untuk beribadah dan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Padahal mencari kebahagiaan akhirat sangatlah mudah. Kebahagiaan di akhirat dapat diraih dengan bekerja keras, tekun beribadah dan mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Tapi mencari kebahagiaan dunia juga perlu. 
Banyak orang yang hidupnya berkecukupan dan bahagia di dunia tapi belum tentu dia akan bahagia di akhirat. Jika dia hanya memikirkan kehidupan duniawi saja. Mencari kekayaan duniawi hingga lupa bersedekah dan melupakan ibadah maka pekerjaannya di dunia akan sia-sia saja. Tetapi orang yang hidupnya sederhana, selalu bersyukur atas nikmat yang telah dia terima, tentunya dia akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.
Salah satu cara untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat adala dengan berilmu. Ilmu merupakan kunci untuk menyelesaikan segala persoalan, baik persoalan yang berhubungan dengan kehidupan beragama maupun persoalan yang berhubungan dengan kehidupan duniawi. Ilmu diibaratkan dengan cahaya, karena ilmu memiliki pungsi sebagai petunjuk kehidupan manusia, pemberi cahaya bagi orang yang ada dalam kegelapan. Mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain adalah salah satu cara untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat.

Kehidupan di dunia itu sebenarnya hanya sementara. Kehidupan yang sesungguhnya adalah kehidupan di akhirat kelak. Sesungguhnya kenikmatan yang teragung dan terbesar, yaitu kenikmatan yang dirasai sepenuhnya di hari akhirat nanti. Kenikmatan akhirat itulah yang akan membawa hamba kepada kemuliaan yang kekal. Karena itu, hakikatnya seorang mukmin, tidak mengejar kenikmatan dunia, yang tidak memiliki keuntungan apa-apa melainkan sedikit saja, dibandingkan dengan kenikmatan berupa kemuliaan disisi Allah SWT.
Kehidupan di dunia merupakan permainan dan senda gurau. Ada kalanya menang ada kalanya kalah. Susah dan senang silih berganti. Senangnya merupakan kesenangan yang menipu, sedihnya merupakan kesengsaraan sementara. Itulah di namakan kehidupan di alam fana. Sungguh berbeda dengan kehidupan sejati dan abadi di akhirat  nanti. Kesenangan dan kebahagiaan akan abadi di surga dan kesengsaraan serta kesedihan akan abadi di neraka. Untuk itulah hendaknya kita menjadikan kehidupan di dunia untuk mencari bekal di akhirat nanti. Berbuat kebajikan yang akan dapat menolong kita ketika berada di akhirat.

Demikian uraian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Wal hitaufik wal hidayah.

Wassalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh.



>> Index << 
>> Mapel <<

0 Response to "Contoh Pidato Bahasa Indonesia | Bahagia Dunia Akhirat"

Post a Comment